Stress = menurunnya risiko kanker payudara ?

Pada beberapa kasus mungkin stres bermanfaat untuk memicu prestasi. Tak hanya itu, tim peneliti dari Denmark bahkan memperkirakan stres dalam rutinitas sehari-hari bermanfaat menurunkan risiko kanker payudara. Survei dilakukan di Kopenhagen terhadap 7000 wanita pada tahun 1981 dan 1983. Pada mereka ditanyakan tingkat stres yang dialami dalam kehidupan sehari-hari dan hasilnya diklasifikasikan menjadi rendah, sedang dan tinggi. Penelitian ditindaklanjuti 18 tahun kemudian dimana diketahui 251 orang responden  menderita kanker payudara.
Kesimpulannya :
wanita yang merasakan tingkat stres yang tinggi, 40 % lebih rendah kecenderungannya untuk mengidap kanker payudara. Mungkin hal itu disebabkan stres mempengaruhi keseimbangan hormon estrogen yaitu hormon yang berpengaruh terhadap munculnya kanker payudara. Dr Naja Nielsen dan para koleganya yang melaksanakan penelitian itu mengakui masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Mereka juga mengingatkan meski kemungkinan mengurangi risiko kanker payudara, stres tetap dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan darah tinggi.

Info Majalah FIT

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IP
 
  • Mrican Fried Chicken © 2012 | Designed by Mrican Fried Chicken, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes