Musik bagi jantung

Seperti jiwa, jantung anda juga perlu hiburan supaya bisa bekerja lebih baik. Salah satu cara menghibur jantung adalah dengan menyetel musik. Begitulah hasil penelitian terbaru yang dimuat pada journal heart. Pada penelitian tersebut, para ilmuwan memonitor pernapasan, tekanan darah, indeks jantung serta alat-alat pernapasan, pada 24 pria dan wanita muda yang sehat. Sebagian adalah musikus terlatih, sebagian lagi tak punya kahlian apapun dibidang musik.
Pemonitoran dilakukan sebelum dan ketika mereka mendengarkan musik. Musik yang diperdengarkan bervariasi antara musik klasik yang bertempo lambat dan cepat dengan kompleksitas berbeda, serta musik rap. Ilmuwan juga memonitor sukarelawan saat 2 menit jeda musik.
Hasilnya diketahui kalau keadaan kalem dipengaruhi oleh ritme yang lamban. Dan yang menarik, jeda singkat selama 2 menit menyebabkan kondisi relaksasi lebih besar dibanding ketika responden mulai mendengarkan musik.
Efek ini terlihat lebih nyata lagi pada mereka yang memiliki kemampuan bermusik, mungkin karena mereka telah belajar untuk mensinkronisasikan napas dengan segmen musikal. Napas para musisi lebih cepat ketika mendengar tempo yang cepat dan lebih memiliki batas napas lebih lambat dibandingkan yang bukan musisi. Tak peduli apapun jenis musik yang mereka senangi.
kesimpulannya, pemilihan musik yang tepat, alternatif ritme cepat dan lebih lambat, serta diselingi jeda dapat digunakan untuk relaksasi dan karena itu akan sangat berguna bagi penyembuhan penyakit jantung dan stroke.



Info : Majalah FIT

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IP
 
  • Mrican Fried Chicken © 2012 | Designed by Mrican Fried Chicken, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes