Peluang dan Tips Membuka Usaha Rumah Makan

Bisnis rumah makan merupakan peluang usaha yang sejak dulu sampai saat ini memang tidak pernah surut bahkan terus berkembang hingga saat sekarang.

Perkembangan usaha restoran / rumah makan berskala menengah dan besar tahun dari tahun 2007 sampai tahun 2010 terus mengalami perkembangan yang pesat, pada akhir tahun 2010 mencatat pertumbuhan sebesar 7,84%(data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Hal ini dapat disimpulkan bahwa peluang usaha membuka Rumah Makan masih terbuka lebar dan masih banyak diminati.

Usaha restoran merupakan usaha yang mempunyai stabilitas yang cukup stabil, karena memiliki peluang ke depan yang cukup bagus atau menjanjikan (prospektif), berbeda dengan usaha musiman seperti warnet atau wartel, karena makanan adalah kebutuhan primer setiap orang, apalagi tempat usaha yang strageris (misal : dekat kampus atau perkantoran)

Kunci utama untuk memulai bisnis rumah makan (restoran) adalah mempersiapkan kondisi mental dalam menghadapi tantangan akan kegagalan, hal ini dikarenakan menyangkut masalah operasional dari rencana usaha.

Persiapan-persiapan teknis lainya yang tidak kalah pentingnya adalah menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu disiapkan rapi, kemampuan diri dan keterampilan yang dimiliki karena untuk usaha rumah makan minimal harus mengerti masakan. Tersedianya prasarana dan sarana, bukan berarti harus memiliki sendiri prasarana tersebut, tetapi bisa menyewa terlebih dahulu, kecuali memang tersedia dana yang cukup yang sengaja diinvestasikan ke usaha Anda untuk jangka panjang.

Prasarana pendukung dalam pengoperasian usaha ini berupa sarana-sarana atau alat-alat. Misalnya adalah tempat yang strategis, tenaga ahli (juru masak), modal usaha, dan izin usaha, sedangkan meja kursi, peralatan makan, peralatan masak, dan sebagainya adalah sarana.

Ada beberapa saran untuk memulai usaha rumah makan, diantaranya :

1. Tempat usaha yang strategis , misalnya di dekat kampus, perkantoran, mall, pasar dan letaknya jangan terlalu masuk kedalam (dipinggir jalan) sehingga banyak orang yang berlalu lalang bisa melihat dengan jelas usaha anda. Selain itu kalau memungkinkan sediakan tempat parkir yang cukup buat para pelanggan.

2. Lay-out dan interior rumah makan, dalam hal ini sesuai dengan keinginan anda, sebagai saran, untuk lay-out dan interiornya setidaknya mempunyai ciri khas tersendiri sehingga mudah untuk diingat pelanggan.

3. Rasa dan harga, rasa masakan sangat sensitif terhadap usaha rumah makan , oleh karena itu penting sekali mempunyai koki yang paham betul tentang masakan yang akan disajikan dalam restoran anda. Harga juga memegang peran penting disini, anda bisa memberikan tarif masakan yang bisa bersaing dengan restoran lainnya, apalagi dikombinasikan dengan cita rasa masakan anda yang nemuaskan pengunjung dengan harga yang bisa bersaing.

4. Nama Restoran, sebaiknya member nama restoran anda yang mudah di ingat, mudah dikenal dan terdengar akrab. Misalnya nama jalan atao kota dimana anda membuka restoran. Mohon diperhatikan untuk masalah nama restoran anda, sebaiknya jangan membuat nama restoran anda sama dengan nama restoran yang lainnya, karena nantinya akan menimbulkan masalah.

5. Perizinan (izin Usaha)


    Jadi apabila anda ingin membuka usaha, sebaiknya usaha membuka restoran makan layak untuk dipertimbangkan, melihat prospek dari usaha itu sendiri ke depan yang masih menjanjikan, tentunya dengan memperhatikan beberapa tips yang telah kami berikan diatas.


    Selamat Membuka Usaha, Semoga Sukses (Mrican Fried Chicken)

    4 komentar:

    1. Nice Thread .. Sukses terus ya buat MFC .
      Salam kenal dari saya .
      MFC sudah punya peralatan Kasirnya beLum ni .
      Kami http://bestretailsupply.com/ menyediakan berbagai peralatan kasir , Mulai dari Mesin kasir , Printer kasir , software kasir , Laci kasir dll . Trimakasih

      BalasHapus
    2. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

      BalasHapus
    3. keren dan teimakasih atas saran dalam mengelola dan membuka suatu usaha. semoga usaha sekecil apapun yang kita bangun bisa menjadi peluang untuk mengurangi pengangguran.

      BalasHapus
    4. terimakasih telah berbagi tips menarik seputar bisnis rumah makan, sangat bermanfaat...
      Aplikasi Kasir Restoran Android

      BalasHapus

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    IP
     
  1. Mrican Fried Chicken © 2012 | Designed by Mrican Fried Chicken, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes