Menu dan Resep untuk Penderita Asam Urat

Gout/arthritis atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit asam urat adalah suatu penyakit akibat metabolisme purin yang tidak normal. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Hal ini diikuti juga dengan terbentuknya timbunan kristal berupa garam urat di persendiian sehingga menyebabkan peradangan sendi pada lutut dan atau jari.
Untuk menurunkan risiko terjadinya peningkatan kadar asam urat dalam darah maupun tumpukan asam urat dipersendian, perlu dilakukan modifikasi diet. Modifikasi diet yang dimaksud antara lain dengan membatasi makanan yang mengandung purin dan meningkatkan asupan cairan dan buah-buahan.

1. Pengaturan Zat Gizi

Bagi anda yang terlanjur mengidap penyakit asam urat, perhatikan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh anda konsumsi.Pengaturan makan sangat dianjurkan agar jaringan sendi anda dapat berfungsi optimal hingga tua nanti.

1.1. Karbohidrat
Karbohidrat bagi penderita asam urat merupakan sumber energi utama. Oleh karena itu, karbohidrat relatif diberikan dalam jumlah yang tinggi yaitu 65 - 75 %.

1.2. Protein
Asam urat terbentuk dari metabolisme purin dan purin merupakan bagian dari nukleoprotein. Pengaruh makanan pada proses pembentukan dan pemecahan purin sangat sedikit. Pembatasan makanan yang mengandung asam urat tidak dapat menurunkan simpanan asam urat secara bermakna. Namun demikian penderita asam urat harus membatasi atau menghindari makanan tinggi purin untuk menurunkan stres metabolik (misalnya ketosis dari makanan yang berlebihan) dan mengurangi pemakaian obat-obatan. Oleh karena itu protein diberikan dalam jumlah yang moderat yaitu 1 gram per kg BB atau 10 - 12 % total energi.

1.3. Lemak
Lemak diberikan dalam jumlah sedikit, yaitu 10-25%. Hal ini didasarkan pertimbangan berikut : 1) Pada umumnya, penderita asam urat mempunyai kelebihan berat badan sehingga tujuan pemberian makanan salah satunya adalah untuk mencapai dan memelihara berat badan yang diinginkan.
2) Pembatasan lemak pada diet rendah purin karena terjadinya asidosis yang membuat urin menjadi lebih asam sehingga menyulitkan ekskresi asam urat.

Makanan yang mengandung lemak jenuh, misalnya makanan yang digoreng, sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan peradangan. Pemberian lemak jenuh dianjurkan < 10%. Sebaliknya, pemberian asam lemak omega 3 lebih diutamakan karena dapat menguatkan kartilago sendi dan menurunkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh peradangan. Makanan yang kaya daengan kandungan asam lemak omega 3 adalah ikan salmon, makarel, sarden, herring, tuna, ikan air tawar, kenari, kacang almond dan biji bunga matahari. Namun, untuk ikan makarel, sarden dan herring, ke tiganya mempunyai kandungan purin yang tinggi sehingga kunsumsi sebaiknya dibatasi.

1.4. Purin
Makanan sehari-hari lebih kurang mengandung 600-1000 mg purin setiap harinya. Pada kasus asam urat, kandungan purin pada makanan dibatasi kira-kira 100 - 150 mg.

1.5. Vitamin A dan C
Makanan yang mengandung vitamin A dan C tinggi dibutuhkan untuk melawan radikal bebas serta meningkatkan kesehatan jaringan, otot dan tendon. Pemberian vitamin A dan C disesuaikan dengan angka kecukupan gizi yang dianjurkan atau sedikit lebih tinggi dari itu.
Angka kecukupan vitamin A untuk usia dewasa laki dan perempuan +/- 500 - 600 ug RE per hari atau setara dengan 1.500 - 1.800 SI.
Angka kecukupan vitamin C untuk usia dewasa laki dan perempuan +/- 75 - 90 mg. Makanan yang tinggi vitamin A dan C antara lain terdapat pada buah-buahan dan sayuran, seperti stroberi,kiwi,semangka,pepaya,apel, buah persik (peach), mangga, labu, ketela,gambas, kentang manis, brokoli dan tauge.

1.6. Cairan
Asupan cairan dianjurkan +/- 3 liter per hari untuk membantu mengeluarkan asam urat dan meminimalkan pembentukan batu ginjal. Aturan minum yang baik adalah pagi-pagi sekali sebelum sarapan, sebelum makan dan sesudah makan. Selain dari air putih atau minuman, cairan bisa diperoleh makanan yang banyak mengandung cairan seperti buah dan sayuran.

1.7. Serat
 Kebutuhan serat yang dianjurkan untuk penderita asam urat adalah 20-30 gram. Serat yang cukup dapat membantu mempercepat proses pembuangan sebelum sisa makanan berubah menjadi bentuk toksik.

2. Makanan dan Asam Urat
   Jangan terbiasa mengonsumsi makanan siap saji atau makanan kemasan sebelum anda mengetahui benar kandungannya. Hindari makanan penyebab alergi pada penderita asam urat dan ketahui informasi kandungan purin pada makanan yang biasa anda konsumsi.

2.1. Produk komersial
Makanan kemasan yang sudah siap saji, baik berasal dari daging, ikan,kerang-kerangan, susu dan jagung mengandung asam arakhidonat dalam jumlah yang tinggi. Asam arakhidonat di dalam tubuh diubah menjadi senyawa kuat yang dapat menyebabkan peradangan.

2.2. Alkohol
Etanol yang terkandung dalam makanan dapat meningkatkan produksi asam urat, tetapi tidak selalu menyebabkan serangan asam urat. Namun demikian, penderita asam urat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

2.3. pH makanan
Penderita asam urat biasanya mempunyai kadar asam yang tinggi  (pH urin dibawah 6,3).
 Hal ini sangat berpotensi untuk meningkatkan perkembangan peradangan. Keasaman dapat diturunkan dengan menurunkan asupan makanan yang mengandung pH asam dan meningkatkan makanan dengan pH alkali.
Contoh makanan yang ber-pH asam adalah gula, alkohol, suka, kopi, daging dan produk susu.
Makanan yang diketahui memiliki sifat alkali terdiri dari semua sayuran kecuali tomat, lidah buaya dan makanan rumput (rumput gandum, benih gandum,klorofil, seledri). Secara umum, kebiasaan mengonsumsi sayuran hijau akan membantu peningkatan sifat alkali di dalam tubuh.

2.4. Makanan penyebab alergi
Ada beberapa makanan yang merupakan penyebab alergi pada asam urat. Namun, tidak setiap orang ditemukan alergi terhadap makanan tersebut. Untuk mengetahui apakah anda alergi terhadap makanan ini perlu dilakukan uji diet eliminasi. Jika terjadi peningkatan arthritis maka jenis makanan tersebut diganti dengan jenis makanan yang lain. Adapun makanan yang sering menimbulkan alergi dan menyebabkan arthritis adalah kafein, produk susu, sayuran yang ditanam ditempat teduh (misal tomat, cabai dll), gula, pengawet, dan zat aditif, coklat, daging merah dan garam.

2.5.Minuman tradisional
Kunyit dan temulawak mengandung curcumin yang dapat mengurangi reaksi inflamasi pada sendi.

2.6. Makanan yang mengandung purin tinggi
Makanan ini mengandung 100 - 1000 mg purin per 100 gram bahan, sbb:
- Semua makanan dan minuman yang mengandung alkohol, yakni arak, bir, wiski, anggur, tape ketan, tuak dan makanan yang beragi.
- Bebek, angsa, ikan kecil (herring), ikan sarden, makarel, remis, kerang,kepiting,lobster, dan telur ikan.
- Makanan yang diawetkan dalam kaleng seperti kornet, sarden dll.
- Jeroan misalnya otak, lidah,jantung,hati,limpa,usus
- Kaldu daging dalam sup kental, soto ayam, soto sulung, opor ayam dll.
- Buah-buahan yang dapat berubah menjadi alkohol didalam usus, contohnya durian, alpukat, kelapa kopyor dan air kelapa.
Meskipun kadar purinnya rendah, tetapi dalam jumlah besar dapat menjadi alkohol sehingga konsumsi buah-buahan tersebut harus dibatasi.

2.7. Makanan yang mengandung purin sedang
Jumlah purin berkisar antara 9-100 mg purin per 100 g bahan makanan, dibatasi maksimal 50-75 gram (1-1,5 potong) atau 1 mangkok (100 g) sayuran sehari.
Kandungan purin sedang terkandung dalam bahan makanan berikut :
- Ikan air tawar atau laut (kecuali yang terdapat pada bagian 2.6)
- Daging sapi, ayam, udang
- Kacang kering dan hasil olahan seperti tahu, tempe dan oncom
- Sayuran (misalnya kembang kol, bayam, asparagus,jamur, kangkung, daun singkong, daun biji melinjo, kacang polong dan buncis) serta buah nenas.

2.8. Makanan yang kandungan purinnya dapat diabaikan
Kandungan purin rendah (dapat diabaikan), dapat dimakan setiap hari :
- Semua jenis sayuran dan buah yang tidak tercanum dalam daftar diatas.
- Nasi, ubi, singkong,jagung, roti, mi, bihun, tepung beras,kue kering dan makaroni
- Margarin, butter, kelapa, minyak dan gula
- Puding, telur, susu, keju  dan es krim (makanan ini hanya boleh dikonsumsi jika tidak ada tanda-tanda alergi pada penderita asam urat)
- Kopi, sereal dan teh
- Rempah, bumbu, jamu, garam dan jahe

3. Menu 5 hari untuk penderita asam urat

Pengaturan menu berikut dapat anda modifikasi dan diganti asalkan tetap berpatokan pada kebutuhan nilai gizi.

Hari ke 1

Bangun tidur              : - Air putih 2 gelas
Pagi                          : - Skotel bandeng
                                  - Jus stroberi melon
Pukul 10.00              : - Apel 1 buah
                                  - Air putih 1 gelas
Sebelum makan siang :- Air putih 1 gelas
Siang                         :- Nasi (200 g)
                                  - Tahu puyuh bumbu pedas
                                  - Cah tauge bumbu tiram
                                  - Semangka
                                  - Air putih 1 gelas
Sore                          :- Puding pepaya
                                  - Air putih 1 gelas
Sebelum makan malam:-Air putih 1 gelas
Malam                        :-Nasi (150 g)
                                   - Pepes jagung
                                   - Tumis sawi putih tomat
                                   - Sambal tomat
                                   - Semangka
                                   - Air putih
Menjelang tidur          : - Pisang
                                   - Air putih

Total asupan energi dan zat gizi :
- Energi                 : 2.054,8 kkal
- Protein                : 12,1 %
- Lemak                : 21,2 %
- Karbohidrat        : 66,7 %
- Serat                  : 25,2 g
- PUFA                :  7,9 %
- Cairan                :  2,5 liter

Hari ke 2

Bangun tidur                      : - Air putih 2 gelas            
Pagi                                  : - Nasi uduk
                                          - Dadar telur sayuran
                                          - Jus belimbing
Pukul 10.00                      : - Pir 1 buah
                                          - Air putih 1 gelas
Sebelum makan siang        : - Air putih 1 gelas
Siang                                : - Nasi (200 g)
                                          - Ikan mas bakar
                                          - Gulai nangka muda
                                          - Buah potong saus jeruk
                                          - Air putih 1 gelas
Sore                                 : - Kue lapis beras
                                          - Air putih 1 gelas
Sebelum makan malam     : - Air putih 1 gelas
Malam                             : - Nasi (150 g)
                                         - Tahu bacem
                                         - Pengat sayur
                                         - Buah pir potong
                                         - Air putih
Menjelang tidur                : - Air putih

Total asupan energi dan zat gizi :
- Energi                           : 2.168,9 kkal
- Protein                          :  9,7 %
- Lemak                          : 24,8 %
- Karbohidrat                  : 65,5 %
- Serat                            : 22,8 g
- PUFA                          : 5,9 %
- Cairan                          : 2,5 liter

Hari ke

Bangun tidur                   : - Air putih 2 gelas
Pagi                               : - Martabak mi kukus
                                       - Smoothie melon
Pukul 10.00                   : - Setup buah
                                       - Air putih 1 gelas
Sebelum makan siang    : - Air putih 1 gelas
Siang                            : - Nasi (200 g)
                                      - Mujair acar kuning
                                      - Bakwan sayuran bakar
                                      - Pisang
                                      - Air putih 1 gelas
Sore                             : - Risoles isi sayuran
                                      - Air putih 1 gelas
Sebelum makan malam : - Air putih 1 gelas
Malam                         : - Nasi (150 g)
                                     - Tahu tumis tauge
                                     - Sambal tomat
                                     - Sate buah
                                     - Air putih
Menjelang tidur            : - Air putih

Total asupan energi dan zat gizi :
- Energi                       : 2.141,8 kkal
- Protein                      : 11,3 %
- Lemak                      : 23,2 %
- Karbohidrat              : 65,5 %
- Serat                        : 26,4 g
- PUFA                      : 9,7 %
- Cairan                      : 2,5 liter

Hari ke 4

Bangun tidur               : - Air putih 2 gelas
Pagi                           : - Nasi goreng bungkus
                                   - Selada mentimun
                                   - Jus wortel pepaya
Pukul 10.00               : - Apel
                                   - Air putih 1 gelas
Sebelum makan siang: - Air putih 1 gelas
Siang                        : - Nasi (200 g)
                                  - Pepes kentang
                                  - Sambal goreng terung
                                  - Jeruk sunkist
                                  - Air putih 1 gelas
Sore                         : - Puding saus sirsak
                                  - Air putih 1 gelas
Sebelum makan malam:- Air putih 1 gelas
Malam                      : - Nasi (150 g)
                                  - Ayam panggang wijen
                                  - Pecel mangga muda labu siem
                                  - Jeruk sunkist
                                  - Air putih
Menjelang tidur        : - Air putih
                                 - Pisang

Total asupan energi dan zat gizi :
- Energi                   : 2.165,8 kkal
- Protein                 : 10,3 %
- Lemak                 : 21,6 %
- Karbohidrat         : 68,1 %
- Serat                   ; 34,4 g
- PUFA                 : 6,0 %
- Cairan                 : 2,6 liter

Hari ke 5

Bangun tidur                          : - Air putih 2 gelas
Pagi                                      : - Soun goreng sayuran
                                              - Smoothie mangga
Pukul 10.00                          : - Bengkuang potong
                                              - Air putih 1 gelas
Sebelum makan siang           : - Air putih 1 gelas
Siang                                   : - Nasi (200 g)
                                             - Ikan panggang manis
                                             - Bobor bayam jagung
                                             - Semangka kuning
                                             - Air putih 1 gelas
Sore                                    : - Raisin banana
                                             - Air putih 1 gelas
Sebelum makan malam        : - Air putih 1 gelas
Malam                                : - Nasi (150 g)
                                            - Tahu campur bihun
                                            - Sayur lodeh
                                            - Sambal terasi
                                            - Semangka kuning
                                            - Air putih
Menjelang tidur                   : - Air putih

Total asupan energi dan zat gizi :
- Energi                              : 2.182,3 kkal
- Protein                             : 9,8 %
- Lemak                             : 24,4 %
- karbohidrat                      : 65,8 %
- Serat                               : 21,0 g
- PUFA                             : 7,5 %
- Cairan                             : 2,6 liter

Resep beberapa masakan :

1. Skotel bandeng

Bahan :
- 200 g kentang kukus, haluskan
- 1 sdm tepung terigu
- 75 g daging ikan bandeng cincang halus
- Telur kocok untuk mengoles bagian kentang
- 1 sdm keju parut
- 100 cc susu skim cair
- 2,5 sdm kacang polong
- 25 g wortel potong dadu kecil
- 1/2 butir tomat, potong dadu
- 1 sdt margarin, untuk mengoles pinggan tahan panas
- 1 sdm bawang bombay cincang
- lada bubuk, pala, garam secukupnya

Cara membuat :
- Tumis tepung terigu dengan sedikit margarin sampai kecoklatan. Angkat dan sisihkan
- Tumis bawang bombay sampai layu, masukkan daging bandeng, wortel, kacang polong dan tomat
- Beri susu cair, lada, pala dan garam. aduk rata. masak sampai susu habis, angkat
- Oles pinggan tahan panas dengan sedikit margarin. isikan setegah bagian kentang kedalamnya, padatkan
- Ratakan tumisan bandeng, wortel, kacang polong dan tomat diatasnya lalu tutup dengan setengah bagian kentang lagi
- Oles dengan telur kocok, lalu beri parutan keju diatasnya
- Panggang dalam oven sampai kecoklatan, angkat.                          

Martabak Mi Kukus

Bahan :
- 50 g mi kering
- 1/2 butir telur ayam, dikocok
- 1 sdm wortel, potong dadu kecil
- 1 sdm kacang polong
- 1/2 batang daun bawang, iris halus
- 1 tangkai seledri, iris halus
- 1 sdt bawang bombay, potong dadu kecil
- 1 sdt bawang putih, potong dadu
- 2 buah cabai rawit, iris halus
- 1/2 sdt minyak jagung untuk menumis
- 1/2 sdt minyak jagung untuk mi
- garam secukupnya

Bumbu :
- 1/2 sdt bawang putih bubuk
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1/2 sdt cabai bubuk
- garam secukupnya

Cara membuat :
- Rebus mi dengan garam dan sedikit minyak hingga kenyal, angkat dan tiriskan, sisihkan
- Tumis bawang putih, bawang bombay, daun bawang dan seledri hingga harum
- Tambahkan cabai rawit, wortel dan kacang polong.Aduk rata, angkat dan sisihkan
- Campur mi rebus dangan telur dan bumbu, aduk rata
- Ambil cetakan atau loyang, letakkan adonan mi dan beri tumisan sayuran ditengahnya.
Kukus +/- 20 menit. angkat dan sajikan.

Soun Goreng Sayuran

Bahan :
- 50 g soun basah
- 1 sdt bawang putih halus
- 50 g tahu goreng, potong tipis memanjang
- 10 g kol, iris halus
- 25 g tauge, buang ekornya
- 15 g wortel, potong halus seperti korek api
- 2 batang daun kucai, potong seperti korek api
- 1 sdt kecap ikan
- cabai bubuk dan garam secukupnya
- 1 sdt minyak jagung untuk menumis
- 1 sdm saus tomat/saus sambal (sesuai selera)

Cara membuat :
- Tumis bawang putih halus dengan minyak jagung hingga harum
- Masukkan wortel, aduk rata
- Beri cabai bubuk dan garam, tambahkan bihun, aduk rata
- Tambahkan daun kucai, tauge, beri kecap ikan dan saus, aduk rata sampai matang
- Sajikan dengan irisan jeruk lemon.

Pepes Jagung

Bahan :
- 50 g jagung manis, dipipil
- 1/2 butir telur ayam
- 25 g wortel, dipotong dadu kecil
- 2,5 sdm santan ecer
- asam jawa secukupnya, dilarutkan dalam air panas, disaring
- 1/2 buah cabai merah, iris serong
- 1/2 buah cabai hijau, iris serong
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 2 batang serai, memarkan, dipotong dua
- daun pisang secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
- 3 buah bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 cm kunyit

- lada dan garam secukupnya

Cara membuat :
- Campur telur dengan santan, air asam jawa dan bumbu yang dihaluskan, aduk rata
- Masukkan jagung manis, wortel, cabai merah, cabai hijau , aduk rata
- Ambil daun pisang, alasi dengan daun salam, daun jeruk dan serai
- Tuangkan adonan secukupnya, bungkus dan semat dengan tusuk gigi
- Kukus selama 30 menit, angkat dan sajikan

Sumber buku :
Menu dan resep untuk Penderita Asam Urat
By : Rita Ramayulis, DCN, M. Kes dan Ir. Trina  Astuti, MPS

6 komentar:

  1. saya mencari informasi ini untuk kebutuhan sendiri dan akan saya publikasikan atau saya share di fb, saya haturkan banyak terimakasih dan like this

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat. Makassar

    BalasHapus
  3. terima kasih, semoga jadi amal kebaikan untuk yang sudah posting materi ini.....

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat, terimakasih banyak ya,..2 jempol

    BalasHapus
  5. Saya mau membeli bukunya, dimana belinya?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IP
 
  • Mrican Fried Chicken © 2012 | Designed by Mrican Fried Chicken, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes