Bagaimana Caranya Berhenti Merokok

Beribu-ribu orang pada dewasa ini menjadi perokok-perokok berat, bukannya karena pilihan melainkan karena mereka tidak mempunyai jalan keluar. Mereka terus menerus merokok sebab mereka sudah terikat dalam suatu kebiasaan selama usia belasan tahun sementara begitu banyak orang muda beranggapan bahwa mereka kelihatan "gagah" bila merokok. Kebanyakan dari mereka mau berusaha sedapat-dapatnya untuk berhenti, tetapi mereka rupanya tidak berdaya melakukannya.

Anehnya, kebanyakan dari mereka tidak pernah ingin merokok pada mulanya. Mereka hanya melakukan apa yang mereka pikirkan sedang dilakukan oleh orang lain pada waktu itu. Tetapi disinilah terdapat masalah yang aneh. Merokok bukannya suatu kebiasaan yang normal. Seorang terpaksa belajar merokok.

Mengapa harus kita kuatirkan hal merokok? Untuk beberapa alasan. Merokok bukan saja suatu kemewahan yang mahal, tetapi juga memegang peranan tertentu dalam menurunkan daya tahan seseorang terhadap penyakit. Para perokok berat meninggal, 5 sampai 10 tahun lebih cepat daripada orang-orang yang tidak merokok. Dalam banyak hal kesulitan itu disebabkan oleh suatu keadaan pada jantung atau pembuluh-pembuluh darah. Faktor lain yang penting ialah kanker paru-paru. Ya, ada alasan-alasan yang baik mengapa seseorang bukan saja harus menyimpan uangnya tetapi juga kesehatan dan tenaga hidupnya.

Barangkali anda tidak menaruh perhatian dalam hal ini sekarang, karena anda sama sekali belum pernah belajar merokok. Tetapi kebanyakan sahabat-sahabat anda adalah perokok-perokok yang sedang mengarah kepada yang berat , dan untuk kepentingan merekalah anda perlu mengetahui sesuatu tentang persoalan ini. Tiap-tiap serutu  yang dihisap oleh sahabat-sahabat anda menjadikan mereka lebih lemah dan kurang sanggup melaksanakannya. Kalau begitu mengapa mereka tidak berhenti? Sebab mereka ketagihan nikotin, suatu racun yang keras yang selalu terdapat di dalam daun-daun tembakau.

Mengapa begitu sulit bagi banyak orang untuk berhenti merokok? Ada orang yang mengalami sedikit kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan itu, tetapi kebanyakan orang mempunyai pergumulan yang sungguh2. Jawaban yang sempurna sukar didapatkan. Tidak disangsikan lagi kebanyakan orang terus menerus merokok karena mereka mendapat kenikmatan yang sementara dari tembakau. Tetapi ini selalu diikuti dengan kelesuan, yang kemudian memerlukan rokok yang lain pula.
Anehnya, beberapa daun yang coklat digulung menjadi pipa kertas yang kecil atau diisikan rapat-rapat di pipa rokok mempunyai pengaruh yang besar sekali pada kehidupan seseorang. Apakah itu menjadi jalan keluar yang sementara dari tekanan hidup ditengah ketegangan yang terus menerus? Memang benar bahwa banyak perokok berat berpenyakit saraf. Merokok menyediakan suatu jalan keluar yang cepat dari dua pilihan yang serba sulit. Racun-racun yang terdapat di dalam daun tembakau memberikan kenikmatan sementara sehingga mereka terus menerus merokok, menyalakan satu batang dari puntung lainnya. Sementara itu "tembakau" dengan perlahan-lahan merusakkan kesehatan mereka dan memperpendek hidup mereka.

Orang-orang bukan perokok mendapat faedahnya.

Apakah yang akan terjadi bila seseorang berhenti merokok? Pencernaannya bertambah baik, tekanan darahnya menjadi normal kembali, kualitas darah itu sendiri bertambah baik dan jantungnya bekerja lebih baik.
Tetapi bukan ini saja, karena orang yang meninggalkan kebiasaan merokok sebenarnya berbuat yang berguna bagi kesehatannya. Ia akan mempunyai kemungkinan kecil untuk mendapat borok-borok di perut dan tidak terlalu mudah kena penyakit jantung selama tahun-tahun kehidupannya yang produktif. Lagi pula ia akan mendapat kemungkinan yang kecil untuk masalah kesehatan hidung dan kerongkongannya.
Sudah pernahkah anda mendengar tentang "batuk-batuk perokok?" Tentu saja sudah. Beberapa dari teman-teman anda menderita radang cabang tenggorok menahun, barangkali anda juga demikian?
Radang kerongkongan sangat umum pada perokok-perokok berat. Batuk menahun itu sudah cukup buruk. Tetapi ada lagi yang perlu anda kuatirkan, karena rangsangan menahun itu mungkin juga membawa kepada penyakit kanker.
Benar, kita harus mengakui bahwa beberapa dokter percaya bahwa ada faktor-faktor lain yang menyebabkannya. Ini mungkin benar. Tetapi fakta membuktikan bahwa orang-orang yang tidak merokok rupanya sedikit mengalami masalah dengan kerongkongan dan paru-parunya serta jantung dan peredarannya, dengan tidak menghiraukan faktor-faktor lain . Sebab itu, orang yang bijaksana akan menghindarkan pemakaian tembakau yang mempunyai kekuatan untuk merusak tubuh.

Racun-racun di dalam tembakau


Sebenarnya ada 18 racun yang berbeda-beda di dalam sebatang rokok. Beberapa dari racun racun-racun ini menyerang selaput-selaput halus pada saluran pernapasan. Yang lain lagi memasuki aliran darah dan mengganggu peredaran darah yang normal. Tetapi yang paling berbahaya ialah ter, yakni suatu karsinogen atau zat yang menimbulkan kanker dan nikotin.
Zat-zat ter ini dipindahkan ke dalam cabang-cabang tenggorok dan paru-paru dengan perantaraan asap dan sesudah itu disimpan pada selaput lendir di pembuluh-pembuluh ini, dimana disebabkannya banyak rangsangan setempat. Sebenarnya selaput lendir ini mungkin menjadi 4 atau 5 kali lebih tebal pada perokok berat dibandingkan dengan orang yang bukan perokok. Ini menambah hambatan pada saluran udara ke dalam paru-paru dan menjadikan jauh lebih sukar baginya untuk bernapas.
Sari dari zat ter ini digunakan oleh pada ahli ilmiah untuk mendatangkan kanker pada tikus dan binatang-binatang percobaan lainnya. Tetapi mengapa memasukkan racun-racun seperti itu kedalam tubuh anda sendiri, menanggung resiko untuk mendapat kanker paru-paru?
Nikotin merupakan salah satu zat yang paling keras yang diketahui oleh manusia. Sebagai suatu racun, nikotin itu hanya kedua dari cyanida dalam pengaruhnya untuk merusak tubuh.
Untunglah, kebanyakan nikotin dibinasakan waktu tembakau itu dibakar, tetapi cukup banyak daripadanya masuk ke dalam paru-paru si perokok untuk memberi dia "kenikmatan". Dengan kata lain, nikotin merangsang susunan urat saraf. tetapi dorongan sementara ini diikuti dengan kelesuan yang sebaliknya memerlukan rokok yang lain. Nikotinlah yang menyebabkan ketagihan tembakau.

Bagaimana menghentikan rokok


Bagaimanakah seseorang sebenarnya dapat berhenti merokok? Tentu saja yang pertama-tama dibuat ialah BERHENTI. Apakah anda mengambil keputusan untuk berhenti hanya sejam sekali selama hari pertama, dan dua jam keesokan harinya, atau apakah anda berhenti sama sekali adalah persoalan pribadi yang harus anda putuskan sendiri. Hampir setiap peroko yang sungguh-sungguh ingin berhenti merokok akan menghadapi suatu perjuangan yang sebenarnya. Apakah yang harus diperbuatnya?

Disini diberikan beberapa langkah yang dapat diambil :
1. Jauhkanlah diri dari para perokok lain sedapat-dapatnya, terutama selama beberapa minggu berikutnya. Ini akan mengelakkan godaan dan menguatkan keputusan anda untuk tidak mulai lagi.
2. Jadilah seorang pengikut kampanye yang ulet terhadap pemakaian tembakau dalam bentuk apapun. Ini mungkin membosankan beberapa dari sahabat-sahabat anda untuk sementara waktu, tetapi akhirnya anda mungkin dapat menolong mereka juga.
3. Mandilah air hangat dua kali setiap hari dan ikutilah ikhtiar ini dengan mandi pancuran air dingin yang merangsang.
4. Adakanlah cukup gerak badan termasuk menarik napas dalam-dalam serta berjalan-jalan jauh di udara terbuka beberapa kali setiap hari Ini akan membersihkan paru-paru dan memperbaiki perasaan kesehatan anda.
5. Jagalah makanan anda.
Usahakanlah makan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. Ini merupakan suatu penawar yang manjur terhadap racun-racun tembakau. Pada hakekatnya, jika anda makan sedikit kecuali buah-buahan dan sayur-sayuran selama beberapa minggu berikutnya, anda segera akan kehilangan keinginan untuk merokok. Jika perlu, makanlah sedikit-sedikit tetapi lebih sering untuk menstabilkan kadar gula dalam darahmu. Ini akan menolong menenangkan urat-urat saraf anda selama waktu tegang  ini.
6. Jangan tahan lapar lama-lama.
Makanlah dengan teratur dan jangan mencoba mengurangkan berat badan sementara anda mencoba menghilangkan kebiasaan merokok. Anda mungkin bertambah berat beberapa kilogram, tetapi tidak usah kuatir tentang ini. Anda dapat mengurangi berat tambahan itu kemudian.
7.Jauhkanlah makanan yang banyak sekali bumbunya dan minuman keras.
Barangkali bahan-bahan ini telah mendorong keinginan anda untuk tembakau, dan telah merusak selera anda untuk makanan-makanan yang normal yang membangun tubuh. Tinggalkanlah hana-bahan seperti merica, rempah-rempah dan segala yang pedas-pedas dari makanan anda. Anda malahan harus berhati-hati dengan penggunaan garam yang berlebihan. Tidak lama kemudian anda akan heran oleh adanya cita rasa yang baru yang sedang anda dapati dalam makanan anda.
8. Buanglah semua rokok anda dan semua bekas tembakau yang anda miliki.
Tidaklah aman menyimpan suatu bahan rokok yang mudah didapat. Godaan untuk mulai menggunakan bahan ini mungkin ternyata terlalu besar.
9. Serahkan dirimu kepada Allah setiap hari dan setiap jam, memohon pertolongan Ilahi bilamana anda merasakan keinginan untuk merokok. Kekuatan dari Tuhan selalu didapat oleh mereka yang memerlukannya.
10.Janganlah ragu-ragu dalam keputusan anda untuk mengalahkan kebiasaan ini, karena ini lebih berharga daripada segala usaha yang terpaksa anda adakan.
Sekali anda dapat memecahkan persoalan ini, anda akan heran melihat kenyataan betapa lebih baiknya perasaan anda. Jantung akan berdenyut dengan normal, urat saraf akan tenang, dan denyutan nadi kuat dan tetap. Pernapasan baik baunya dan bersih, oto-otot tidak tegang dan pikiran akan dapat mengontrol diri sendiri. Ini akan memberi kekuatan moril dan intelektuil, karena anda tidak lagi diperbudak oleh kebiasaan yang kotor. Mulai sekarang anda akan menikmati kesehatan yang lebih baik dan dengan berkat Allah, anda akan menikmati kepuasan dan kebahagiaan yang benar.

Selamat Mencoba.

Diambil dari buku :
Petunjuk Modern kepada kesehatan

By. Clifford R. Andersen. M.D  

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IP
 
  • Mrican Fried Chicken © 2012 | Designed by Mrican Fried Chicken, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes